Pembinaan, Monitoring, dan Evaluasi Posyantek Pamotan

Kamis, 12 Juli 20120 komentar


Kepengurusan baru Posyantek Pamotan telah terbentuk beberapa bulan lalu dan melaksanakan beberapa Program Kerja 2011. Sebagai upaya mendukung percepatan alih teknologi bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Pamotan, Posyantek Karya Gemilang mengupayakan beberapa program berkait dengan Teknologi Tepat Guna (TTG) sesuai dengan harapan pemerintah. Upaya untuk melaksanakan program tersebut didasari oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna yang menyebutkan bahwa Posyantek adalah lembaga kemasyarakatan di kecamatan yang memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi TTG.

Dalam ikhtiar melakukan perubahan, yaitu memberdayakan masyarakat melalui Teknologi Tepat Guna (TTG), Posyantek Karya Gemilang Pamotan berusaha penuh untuk memfasilitasi terdistribusinya ilmu pengetahuan, terutama yang berkait dengan Teknologi Tepat Guna (TTG). Akan tetapi, setiap pelaksanaan program selalu memiliki kekurangan dan kelebihan, sehingga memerlukan sebuah pembinaan, monitoring, dan evaluasi. Tujuannya, menyelaraskan pelaksanaan program selanjutnya sesuai dengan harapan yang dikehendaki.

Untuk memenuhi harapan tersebut, Posyantek Karya Gemilang Pamotan pada Kamis, 23 Juni 2011 mendapat kehormatan, menerima kunjungan dari DitJen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementrian Dalam Negeri untuk melakukan pembinaan, monitoring, dan evaluasi. Dalam kunjungan tersebut, Ketua Posyantek Karya Gemilang Pamotan, Agus Riyanto Langgeng, mempersentasikan perkembangan Posyantek, termasuk melaporkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama ini. Selain itu, pengurus Posyantek juga melakukan diskusi dan sharing mengenai berbagai program ke depan serta kendala yang selama ini dihadapi dengan DitJen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementrian Dalam Negeri.

Pada pelaksanaan program selanjutnya, Posyantek Karya Gemilang diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi kegiatan ekonomi produktif masyarakat, dan memaksimalkan produktivitas masyarakat dalam mengelola sumber daya lokal. Untuk terwujudnya kondisi tersebut, Posyantek Pamotan harus mengoptimalkan peran sertanya di dalam masyarakat, sehingga Posyantek dikelola secara mandiri, profesional, dan berkelanjutan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Posyantek Pamotan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template