Posyantek Karya Gemilang Mengadakan Pelatihan Sablon

Kamis, 12 Juli 20120 komentar


Di era globalisasi saat ini, Teknologi Tepat Guna (TTG) memiliki peranan penting dalam pembangungan ekonomi. Penguasaan TTG kepada masyarakat adalah bagian dari upaya menjadikan teknologi sebagai alat pemerataan pembangunan ekonomi. Dengan penggunaan Teknologi Tepat Guna, masyarakat akan mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengembangan usahanya, sehingga mampu meningkatkan pendapat dan kesejahteraan keluarga.

Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, dengan luas wilayah 1.077.247 ha memiliki potensi utama di bidang pertanian, yaitu sebagai desa lumbung padi, selain jagung dan palawija. Potensi tersebut juga didukung oleh potensi lain, yaitu pengolahan hasil pertanian yang dimiliki sebagian masyarakat Pamotan. Secagai contok kecilnya adalah home industry berupa usaha makanan ringan, yang antara lain adalah Emping Jagung, Keripik Tempe, Keripik Singkong, Mete, dan Keripik Talas.

Akan tetapi, potensi yang dimiliki oleh masyakarat di Kecamatan Pamotan selama ini belum didukung oleh Teknologi Tepat Guna (TTG), khususnya yang berkaitan dengan pengemasan produk hasil olahan. Rata–rata, para pengrajin/pengusaha tidak memerhatikan kemasan hasil usaha/kerajinannya. Padahal, masalah kemasan berkaitan erat dengan pemasaran, yang sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha. Oleh karena itu, melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB), POSYANTEK “KARYA GEMILANG” Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, mengusulkan diadakannya Pelatihan Teknik Sablon untuk Membuat Kemasan Produk Hasil Olahan.

Alhasil, pada Kamis, 16 Juni 2011 lalu, POSYANTEK KARYA GEMILANG PAMOTAN mengadakan “Pelatihan Penyablonan” sebagaimana yang diusulkan. Tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk:

  1. Meningkatkan nilai jual produk-produk yang sudah ada.
  2. Membuka peluang lapangan pekejaan.
  3. Mengurangi kemiskinan dan angka penangguran.
  4. Mendukung percepatan pemasyarakatan dan penguasaan tekhnologi tepat guna.

Pelatihan yang telah sukses dilansakanakan itu diikuti oleh beberapa kelompok binaan Posyantek Karya Gemilang Pamotan, termasuk perwakilan dari berbagai komponen organisasi masyarakat, karang taruna, dan perwakilan dari pelajar. Setelah pelatihan tersebut diadakan, peserta diharapkan mampu mempraktikkan teknik-teknik penyablonan sendiri untuk mendukung pemasaran produk/kerajinan mereka.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Posyantek Pamotan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template