Ketua Posyantek Pamotan Ikut Pelatihan Pengelolaan Posyantek di Bogor

Kamis, 12 Juli 20120 komentar


Bogor (20/07)—Dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi kepengurusan Posyantek, Ketua Posyantek Karya Gemilang Pamotan, Agus Riyanto Langgeng, mengikuti “Pelatihan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) bagi Pengurus Posyantek” di Bogor. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Perdesaan–Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa–Kementerian Dalam Negeri tersebut berlangung selama empat hari mulai Selasa sampai dengan Jumat, 19-22 Juli 2011.

Kegiatan Pelatihan yang diikuti oleh 40 orang peserta tersebut dilaksanakan di Hotel Parama Cisarua, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Semua peserta merupakan Pengurus Posyantek dari 40 Kecamatan Lokasi Posyantek Percontohan Tahun 2010 dan Tahun 2011 di seluruh Indonesia.

Peserta pelatihan nantinya diharapkan mau menularkan pengetahuan dan pengalaman yang telah didapat selama pelatihan kepada pengurus Posyantek yang lain. Harapan tersebut diungkapkan oleh Direktur Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Perdesaan dalam sambutan pembukaannya, “Pengetahuan dan pengalaman yang Saudara dapat, selama pelatihan ini hendaknya diketuktularkan kepada pengurus Posyantek lainnya sehingga Posyantek dapat melaksanakan tugas dengan baik, dalam memberikan pelayanan teknis, informasi, dan promosi serta  orientasi TTG kepada masyarakat.”

Menurut Ketua Posyantek Pamotan, Agus Riyanto Langgeng, Pelatihan Pengelolaan Posyantek yang diikutinya sangat penting bagi kemajuan Posyantek. Ia juga menyatakaan, “Dalam pelatihan ini, peserta tidak hanya mendapatkan ceramah, tetapi diajak berdiskusi secara intensif. Ada sesi tanya jawab, kunjungan lapangan, diskusi kelompok, dan diskusi pleno. Selain itu, narasumber yang diundang dalam pelatihan ini memiliki pengetahuan luas tentang pemberdayaan masyarakat, sebab berasal dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) dan Yayasan Sambang Mandiri.”

Setelah pelatihan tersebut, peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam menjalankan peran dan tugas kepengurusan Posyantek dalam memberikan pelayanan TTG kepada masyarakat sesuai dengan potensi, kondisi, dan sosial budaya setempat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Posyantek Pamotan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template