Sarana dan Prasarana Posyantek

Kamis, 12 Juli 20120 komentar


Untuk dapat melaksanakan tugasnya, Posyantek harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang harus dimiliki Posyantek meliputi:

Bangunan

Posyantek memiliki bangunan yang mudah diakses oleh masyarakat pemanfaat/pengguna TTG. Keberadaannya harus dapat diketahui oleh masyarakat dengan mudah. Untuk itu, lokasi yang strategis adalah di sisi jalan raya, setidaknya di jalan kecamatan. Suatu nilai tambah apabila jalan tersebut dapat menghubungkan ke banyak desa/kelurahan. Selain itu, bangunan Posyantek sedapat mungkin berada di lantai satu/dasar. Jika memang harus berada di lantai dua, akses menuju ruang harus mudah dan nyaman.

Ruangan

Tata ruang Posyantek merupakan aspek yang penting. Ruang yang ditata dengan baik dan sesuai dengan estetika dapat membuat pengguna nyaman. Posyantek sebaiknya memiliki ruangan sebagai berikut:

  1. Ruang pelayanan teknologi yang dilengkapi dengan ruang membaca berbagai koleksi yang tersimpan dalam rak-rak buku dan peragaan/pamer produk teknologi;
  2. Ruang pertemuan dan bengkel;
  3. Ruang pengurus (apabila dimungkinkan), diperuntukkan bagi pengurus dalam melakukan pengelolaan maupun pengembangan. Selain itu, dapat digunakan untuk menyimpan arsip-arsip administrasi.

Perlengkapan

Untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas yang diemban Posyantek, diperlukan perlengkapan sebagai berikut:

  1. Perangkat kesekretariatan, terdiri dari alat kantor untuk administrasi;
  2. Perangkat layanan informasi teknologi, terdiri dari komputer, telepon, faksimile dan koneksi internet, DVD player, pesawat televisi, lemari koleksi tercetak (buku, leaflet, koran, majalah, dan brosur) dan elektronis (VCD, CD-ROM, dan pangkalan data);
  3. Perangkat pamer/peragaan teknologi, terdiri dari rak buku meja/lemari, dan peralatan TTG;
  4. Perangkat pertemuan, terdiri dari kursi dan meja, dengan tata ruang sebagai berkut:


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Posyantek Pamotan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template