Cuci Motor Salju Binaan Posyantek Karya Gemilang

Kamis, 12 Juli 20120 komentar

Sebagai usaha membantu warga binaan dalam membuka peluang usaha di Kecamatan Pamotan, Posyantek Karya Gemilang selalu melakukan riset terlebih dahulu. Pembacaan pasar tersebut dilakukan sebagai usaha mengurangi risiko sebuah usaha yang akan dijalankan. Selain membaca pasar, diperlukan pula pemahaman yang mendalam terhadap potensi warga binaan. Tujuannya untuk mengukur kemampuan warga binaan dalam menjalankan sebuah usaha, meskipun hasilnya tidak selalu persis dengan keinginan.
Oleh karena itu, di akhir 2011 lalu, Posyantek Karya Gemilang mencoba mendampingi warga binaan yang ingin membuka usaha, yaitu Cuci Motor Salju. Usaha yang terhitung masih langka di Kecamatan Pamotan ini ternyata mendapat sambutan hangat dari wagra masyarakat. Di luar dugaan, calon pelanggan berdatangan dengan antusias mencoba mencuci motornya yang sering kotor di kala musim penghujan.
Akan tetapi, setelah sekitar lima bulan berjalan, usaha tersebut mengalami  penurunan pelanggan. Setelah dilakukan penelitian seperlunya, ternayata faktor cuaca sangat menentukan usaha cuci motor di Kecamatan Pamotan. Di waktu kemarau, masyarakat tidak merasa begitu perlu mencuci motornya di tempat pencucian, tetapi cukup dicuci sekadarnya, sehingga tidak menambah pengeluaran. Meskipun demikian, Cuci Motor Salju binaan Posyantek Karya Gemilang masih siap melayani pencucian motor di waktu jam kerja.
Pengalaman pembacaan pasar dan usaha yang tergantung dengan faktor cuaca menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi siapa saja, terutama warga Kecamatan Pamotan, khususnya warga binaan Posyantek Karya Gemilang. Tanpa pengalaman tersebut, kita tidak pernah mengetahui persis pola konsumsi dan keperluan masyarakat di sekitar kita.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Posyantek Pamotan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template